Monday 18 March 2019

MEDIA HOBI : Murai Batu Baron Buser Jr Gacoan Bang Roni RBF Cagak Ngamuk...

Tak bisa dimungkiri, hobi burung bisa menjadi ajang mengusir kepenatan akibat rutinitas sehari-hari, sekaligus ajang mendapatkan rezeki. Tetapi tidak semua penghobi mau terjebak pada persoalan fulus. Lihat saja Bang Roni, kicau mania dari RBF Cagak BC Subang. Begitu sayangnya terhadap murai batu Baron, banyak tawaran dengan mahar yang sangat mahal di tolaknya.


Murai Batu Baron Buser Jr.
Murai batu Baron adalah hasil penangkaran sendiri, ” ujar bang Roni salah satu anggota Polres Subang”. Bang Roni ternyata memiliki pemikiran dan ide yang cemerlang, dimana disaat para kicau mania ini kesusahan mencari bibit Burung Murai Batu yang keberadaannya sudah langka, tahun 2015 lalu ia mulai mencoba membuat penangkaran.
Kegagalan demi kegagalan dialami saat pertama kali dirinya mulai membuat penangkaran burung murai batu ini, namun dengan kesabaran dan terus belajar secara otodidak akhirnya bang Roni pun berhasil menangkarkan burung murai batu yang terbilang langka ini, Salah satunya murai batu Baron adalah  hasil penangkaran sendiri, pejantannya murai batu Buser dan betinanya jenis murai batu medan. 8 tahun yang lalu murai batu Buser bisa dibilang murai jawara di wilayah Subang Jalan cagak, setiap event murai batu Buser selalu jadi yang terbaik. Sekarang Murai batu Buser masuk penangkaran dan menghasilkan anakan yang berkualitas.


Murai Batu Baron Berhasil Rain Double Winner di Piala APBN Subang ( 17/03/19 ).
Murai batu Baron sekarang umurnya baru 11 bulan tetapi prestasinya sudah lumayan banyak, Event minggu kemarin tanggal 17 Maret 2019 Piala APBN Subang Buser berhasil raih double winner dan mendapat juara terbaik ( B.O.B ).
Murai batu Buser punya beberapa keunggulan, antara lain main anteng (nagen) di atas tangkringan, isiannya  komplet, dengan speed rapat.
Burung ini juga mampu membawakan materi lagu secara  jelas dan tuntas. Belum lagi gaya mainnya yang ngeroll-nembak” ujar bang Roni.
Berikut ini tips perawatan murai batu Baron yang diterapkan diterapkan Bang Roni:
Perawatan harian ( Senin – Kamis ):
  • Setiap hari burung dijemur, mulai dari pukul 08.00 hingga 12.00.
  • Usai dijemur, sangkarnya dikerodong penuh hingga esok pagi.
  • Siang hari, burung dimaster menggunakan beberapa jenis burung hidup. Malam hari, pemasteran dilanjutkan menggunakan audio mp3, dengan nada bervariasi.
  • Pakan tambahan (EF) berupa jangkrik (porsi 8 / 7) dan kroto (1 sendok makan).
  • Air minum wajib diganti setiap hari.
Setelan lomba H-2 ( Jumat ):
  • Secara garis besar, pola perawatan masih sama seperti harian.
  • Namun porsi jangkrik dinaikkan menjadi 10 / 10 dan kroto ( 1 sendok makan ).
Setelan lomba H-1 ( Sabtu ):
  • Pola perawatan sama seperti harian.
  • Porsi jangkrik dinaikkan lagi menjadi 15 / 15 dan kroto ( 1 sendok makan ).
Setelan Hari – H ( Minggu ):
  • Pola perawatan sama seperti harian, tetapi burung sudah tidak dijemur.
  • Sampai ke lokasi lomba burung diberi ulat hongkong (5 ekor).


Bang Roni Pemilik Murai Batu Baron Buser Jr.
Pemberian pakan yang tepat ternyata menjadi salah satu kunci dari performa terbaiknya murai batu Baron, pemberian Voer Nanjung 105 ternyata sangat memberikan efek yang sangat luar biasa, murai batu menjadi tampil lebih exstra vit serta menjadi lebih bertenaga saat dilombakan, Voer Nanjung 105 yang hadir dengan ekstrak  serangga, buah – buahan dan herbal yang mampu menambah energi untuk burung kesayangan anda, Voer Nanjung 105 di berikan secara rutin untuk pakan harian menjadi sangat penting untuk perkembangan kondisi burung agar memiliki performa yang lebih maksimal saat bertemu lawan saat di lombakan.
Bang Roni berjanji tak akan menjual murai batu Baron. Kalau nanti pensiun dari lomba, burung ini rencananya akan ditangkarkannya, untuk mendapatkan keturunan-keturunan berkualitas.

No comments:

Post a Comment